9. Abu Nashr as-Sijzi
Nama lengkapnya Ubaidullah bin Said bin Hatim bin Ahmad al-Wa’ili al-Bakri. Beliau merupakan penulis kitab al-Ibanatul Kubra fi Mas’alatil Qur’an, yakni kitab yang memuat makna al-Quran. Beliau juga merupakan seorang muhaddis yang terkenal di masanya.
Beliau melakukan berbagai perjalanan ke Khurasan, Hijaz, Syam, Iraq dan Mesir untuk belajar. Salah satu gurunya adalah Abdus Shomad bin Zuhair bin Abi Jaradah al-Halby yang merupakan sahabat Ibnu al-Arabi, seorang muhaddis yang memiliki kitab al-Awashim minal Qawashim, yaitu kitab yang berisikan argumen pembelaan terhadap sahabat oleh Ibnu al-Arabi.
Sebagaimana diungkapkan oleh Ibnu Tahir al-Maqdisi, jika dibandingkan antara hafalan as-Sijzi terkait hadis dengan hafalan as-Sury (Abu Abdullah Muhammad bin Ali as-Sahili as-Shury), as-Sijzi lebih unggul. Hal itu diungkapkan oleh al-Maqdisi untuk menunjukkan profesionalitas as-Sijzi dalam bidang hadis.
Namun kemahirannya dalam bidang hadis membuat beliau enggan menikah. Bahkan suatu hari ada seorang perempuan yang bertamu ke rumahnya. Perempuan tersebut membawa kantong yang berisi uang seribu dinar. Oleh perempuan tersebut, kantong itu diletakkan tepat di depan as-Sijzi.
Namun as-Sijzi tak kunjung faham. Perempuan itu lalu berkata:
“Nikahilah aku dengan uang itu. Aku akan mengabdi padamu!”
Sayangnya, permintaan perempuan itu ditolak mentah-mentah oleh as-Sijzi. Beliau meminta agar perempuan itu mengambil uangnya dan segera beranjak dari rumahnya.
10. Abu Said as-Samman ar-Razi
Beliau merupakan seorang hafidz, ahli fiqih dan orang yang zuhud. Beliau lahir pada tahun 371 H dan wafat pada tahun 445 H. Nama lengkapnya, Abu Said as-Samman Ismail bin Ali bin al-Husain bin Zanjuyah ar-Razi.
Beliau merupakan guru besar kaum Muktazilah, baik dalam bidang fiqih, kalam, maupun hadis. Juga keahliannya dalam bidang qiraah, hadis, ilmu rijal, nasab, faraid dan ilmu yang lain sangat diakui.
Beliau juga merupakan ahli di bidang fiqih Abu Hanifah. Keahliannya tersebut menjadikannya ahli dan mampu menelisik perbedaan dan khilafiyah antara madzab fiqih Abu Hanifah dan Imam Syafii.
Beliau telah menjelajah berbagai tempat untuk berguru. Mulai Iraq, Syam, Hijaz, Maroko bahkan Makkah dan Madinah. Di Makkah dan Madinah, beliau berhaji sekaligus ziarah ke makam Rasulullah Saw. Lewat perjalanannya, beliau telah berguru dengan tiga ribu guru besar di masanya.
Hari-harinya digunakan untuk membaca al-Quran, belajar, meriwayatkan hadis, memberikan kajian dan menulis banyak buku. Kesibukan-kesibukan dalam bidang keilmuan tersebut menjadikan beliau melajang hingga wafat.
11. Abul Barakat al-Anmathi al-Baghdadi
Guru dari Ibnu Asakir ini dilahirkan di Baghdad pada tahun 462 H dan wafat pada tahun 538 H. Beliau merupakan orang yang terpercaya (tsiqah) dalam meriwayatkan hadis.
As-Sam’ani, salah satu murid beliau pernah bercerita bahwa beliau menulis sebuah kitab yang berjudul al-Kibar yang kualitasnya setara dengan karya Ibnu Said yang berjudul at-Thabaqat.
Selain tidak menikah, beliau adalah orang yang sering menangis. Ibnu al-Jauzi mengatakan bahwa ketika berguru kepada al-Anmathi, beliau sering menangis. Bahkan Ibnu al-Jauzi lebih banyak mendapati al-Anmathi menangis daripada mendapatkan riwayat hadis dari gurunya itu.
12. Abu al-Qasim az-Zamakhsyary
Pengkaji tafsir pasti kenal dengan ulama satu ini. Beliau merupakan salah satu mufassir yang memiliki karya hebat dan terkenal hingga sekarang. Kitab tafsirnya dikatakan sebagai kitab tafsir yang sangat kompeten dalam bidang sastra. Walaupun kitabnya memiliki kecenderungan pada madzhab kalam tertentu, yakni muktazilah, namun kehebatan tafsirnya dalam bidang bahasa dan sastra tidak lagi diperdebatkan.
Beliau bernama Abu al-Qasim Muhammad bin Umar az-Zamakhsyari al-Khawarizmi. Beliau juga dijuluki dengan Fakhru Khawarizm, yakni kebanggaan orang khawarizmi atas ketinggian ilmu bahasa yang beliau miliki.
Az-Zamakhsyari lahir di Zamakhsyar pada bulan rajab tahun 467 H dan wafat pada malam Arafah di Jurjaniyah Khawarizm pada tahun 538 H.
Beliau juga sering melakukan rihlah ke beberapa tempat untuk menuntut ilmu. Di antaranya, Khurasan dan Baghdad. Bahkan beliau sering keluar masuk kota Baghdad hanya untuk bertemu dengan para guru besar di sana.
Beliau berguru ilmu bahasa, nahwu, dan sastra di kota Khawarizm bersama Abu Mudhar Mahmud bin Jarir ad-Dhabbi al-Asbihani dan al-Khawarizmi, seorang ilmuan yang ahli dalam bidang bahasa, nahwu, sastra dan kedokteran.
Sebagai orang yang non-Arab, beliau tergolong sebagai orang yang ahli di bidang bahasa Arab. Bahkan menurut seorang sastrawan yang bernama Abu al-Yumn Zaid bin al-Hasan al-Kindi, Zamakhsyari adalah orang non-Arab yang paling mengerti bahasa Arab pada masanya.
Selama hidupnya, beliau telah menulis sekitar lima puluh karya. Lima puluh karya ini lah yang menjadi putra-putrinya karena beliau sama sekali tidak pernah menikah. Selain al-Kassyaf ada beberapa karya lain seperti al-Faiq fi Gharibil Hadis dan Nukatul A’rab fi Gharibil I’rab, sebuah kitab i’rabul Qur’an dan puluhan karya lainnya.
13. Ibnu al-Khassyab
Beliau merupakan ahli multikeilmuan, mulai tafsir, hadis, bahasa, syiir, mantiq, filsafat, matematika hingga ilmu teknik. Beliau juga ahli dalam bidang qiraah. Beliau mampu membaca al-Quran dengan qiraah yang bermacam-macam.
Lahir pada tahun 492 H dan wafat pada 567 H, beliau memiliki nama lengkap Abdullah bin Ahmad bin al-Khassab al-Hambali al-Baghdadi.
Beliau memiliki beberapa karya, di antaranya, Syarh al-Luma’ namun tidak sampai sampai selesai, al-Murtajal fi Syarhil Jumal, al-Rad alal Khatib at-Tabrizi dalam kitab Tahdzib fi Islahil Mantiq dan beberapa karya yang lain.
14. Abu al-Fattah al-Hambali
Beliau yang terkenal dengan sebutan Ibnul Manni ini lahir di Iraq pada tahun 501 H dan wafat pada tahun 583 H. Beliau merupakan ahli fiqihnya para Hanabilah (pengikut madzhab imam Ahmad bin Hambal). Nama lengkapnya Nasr bin Fityan bin Matr an-Nahrawani.
Beliau berguru fiqih hingga selesai kepada Abu Bakar ad-Dinawari. Kemudian berguru kepada ulama yang lain untuk mengulang pelajaran fiqihnya bersama ad-Dinawari hingga beliau mampu dan mendalami berbagai sisi dalam ilmu fiqih, baik furu’ maupun usul.
Selama 70 tahun beliau gunakan untuk mengajar. Karena sifat zuhud yang dimiliki, beliau tidak pernah terlihat menaiki kuda ataupun keledai. Pakaian beliau sangat sederhana dan tidak terlalu mewah. Dan beliau tidak menikah hingga meninggal. Bahkan Ibnu Taymiyah merupakan murid dari salah satu muridnya, yakni Abu Bakar Muhammad bin al-Halawi.