Protes Sahabat Perempuan kepada Nabi Muhammad

Protes Sahabat Perempuan kepada Nabi Muhammad

Sahabat Nabi yang perempuan juga beberapa kali protes ke Nabi

Protes Sahabat Perempuan kepada Nabi Muhammad
Rasulullah begitu mencintai putrinya, Fatimah, bahkan ia menilai sosoknya adalah bidadari surga yang ada di dunia.

Jika kamu sejak kecil beragama Islam, tentu penerapan ajaran Islam juga sudah kamu dapatkan sejak kecil. Apakah kamu juga mempelajari bagaiamana ajaran-ajaran dalam Islam untuk perempuan? Misal kamu mendengarkan hadis tentang perempuan, lalu dalam benakmu berkata seperti ini “lho kok gitu? Perempuan gak boleh seperti itu ya? Kenapa? Padahal laki-laki boleh”. Pernah merasa seperti itu? apakah pertanyaan tersebut hanya diam dalam benakmu atau kamu ungkapkan pada orang dewasa maupun orang yang mengajarimu? Jika pertanyaan itu kamu ungkapkan, bagaimana jawabannya? Dijawab dengan penjelasan atau malah mendapat larangan untuk bertanya?

Menanyakan ketentuan-ketentuan Islam tentang perempuan sudah ada sejak zaman Rasulullah Saw, sahabat perempuan Nabi Saw saat itu sangat aktif, ekspresif dan asertif, tidak sungkan untuk menanyakan hal-hal yang mengganjal bagi mereka dalam ajaran Islam, tidak hanya bertanya tapi meminta bahkan menuntut jika tidak menerima apa yang menjadi haknya, bahkan berani menyampaikan protes pada Nabi Saw ketika Al-Quran tidak mengapresiasi kerja mereka, hal ini menjadi salah satu penyebab turunnya beberapa ayat dengan penyebutan jelas “laki-laki dan perempuan”.

Apakah Rasulullah Saw marah dengan protes, pertanyaan hingga tuntutan para sahabat perempuan? Tidak, Rasulullah Saw menerima dengan terbuka, membuka dialog dua arah, dialog yang setara. Beberapa hadis merekam protes dan tuntutan tersebut, tercermin dari hadis jika perempuan sekeliling Nabi Saw saat itu memiliki pemikiran merdeka dan juga kritis.

Cara berpikir itu tercermin dalam hadis Shahih Muslim No. 6114,

Ummu Salamah Ra., istri Rasulullah Saw., berkata, “Pada suatu hari, ketika rambutku sedang disisir pelayan, aku mendengar Rasulullah Saw memanggil, ‘Wahai manusia, (kemari berkumpullah)’. Aku pun berkata pada sang pelayan, ‘Sudah dulu, biarkan aku pergi (memenuhi panggilan tersebut)’. Tetapi, ia menimpali (berusaha mencegah), ‘Nabi kan memanggil para laki-laki (saja), tidak memanggil perempuan’. Aku menjawab, ‘(Nabi memanggil manusia), dan aku adalah manusia”.

Hadis tersebut menyatakan jika anggapan perempuan bukan bagian utama dari ‘manusia’ telah mengakar, tebukti dari pernyataan pelayan Ummu Salamah Ra, tetapi Ummu Salamah Ra istri Rasulullah Saw telah mendapatkan ajaran Islam yang mendasar menjelaskan secara tegas jika perempuan adalah bagian manusia yang utuh, dan seharusnya diajak bekerjasama dengan laki-laki untuk melakukan kebaikan.

Selain itu masih dalam Buku Qiraah Mubadalah diceritakan, Ummu Salamah Ra pernah protes kepada Rasulullah Saw yang kisahnya terekam pada Sunan al-Tirmidzi, No. 3295 dan 3517, dan Musnad Ahmad bin Hanbal, No. 27218 dan 27246

“Wahai rasul, mengapa (kiprah) kami (para perempuan) tidak diapresiasi Al-Quran sebagaimana laki-laki”, demikian kata Ummu Salamah Ra. Sementara Umm ‘Ammarah (Nusaibah binti Ka’ab Ra.) mengadu, “Sepertinya, segala sesuatu hanya untuk laki-laki, saya tidak melihat perempuan disinggung (Al-Quran) sama sekali”. Dalam riwayat lain, yang datang mengadu itu beberapa perempuan, mereka berkata “Wahai Rasulullah, mengapa Tuhan (dalam Al-Quran) hanya menyebut mukmin laki-laki dan tidak menyebut para mukmin perempuan?.

Sedangkan dalam Buku 60 Hadis Hak-Hak Perempuan dalam Islam menyebutkan dalam hadis yang diriwayatkan Imam Turmudzi dalam Sunannya No. 3296

Dari Ummu Salamah Ra, ia bertanya ke Rasulullah Saw: “Wahai Rasul, saya tidak mendengar Allah mengapresiasi hijrah para perempuan”. Kemudian Allah Swt menurunkan ayat: “Bahwa sesungguhnya aku tidak akan membuang-buang apa yang diperbuat setiap orang di antara kamu, baik laki-laki maupun perempuan, sebagian kamu dari sebagian yang lain”.

Pernyataan Asma’ binti Umais Ra, istri Ja’far bin Abi Thalib Ra, lebih tajam lagi, seperti yang dikisahkan Imam al-Baghawi (w.516/1122) dalam Ma’alim at-Tanzil

Asma’ binti Umais Ra., datang bertandang ke keluarga Rasulullah Saw., sambil bertanya, “Ada ayat al-Quran yang turun menyebut dan mengapresiasi kita (para perempuan)?” Ketika dijawab tidak ada, dia langsung bergegas menemui Rasulullah Saw., mengadu “Wahai Rasulullah, sungguh para perempuan itu merugi. Sangat merugi”. “Memang kenapa?” tanya Rasulullah Saw. “Karena kerja dan kiprah mereka tidak disinggung Al-Quran, sebagaimana (kerja) laki-laki yang selalu diapresiasi al-Quran.”

Masih dalam Buku Qiraah Mubadalah menyatakan jika kisah tersebut didokumentasikan dalam kitab tafsir mengenai latar belakang turunnya ayat-ayat apresiatif terhadap kerja perempuan, seperti QS. Ali ‘Imran [3]: 195, QS. Al-Ahzab [33]: 35, QS. An-Nisaa’ [4]: 124, QS. An-Nahl [16]: 97, QS. Al-Mu’minun [40]: 40.

 Selain protes dan tuntutan perempuan pada Nabi Saw, ada juga hadis yang merekam keinginan perempuan untuk mendapatkan pendidikan yang sama dengan laki-laki, hal ini juga termasuk tuntutan hak perempuan pada Nabi Saw langsung, seperti yang tertulis dalam hadis yang diriwayatkan Imam Bukhari dalam Sahihnya No. 7396 dan Imam Muslim dalam Sahihnya No. 6868

Dari Abi Sa’id al-Khudriyy Ra. Suatu saat ada seorang perempuan datang bertandang ke Rasulullah Saw dan berkata. “Wahai Rasul, para lelaki itu telah banyak memperoleh pelajaran kamu, bisakah menyempatkan diri untuk kami (para perempuan) pada hari tertentu, dimana kami bisa datang di hari itu dan kamu ajarkan kepada kami apa yang diajarkan Allah kepadamu”. Rasul menjawab” “Ya, silahkan berkumpul di hari tertentu”. Para perempuan kemudian datang berkumpul (di hari dan tempat yang ditetapkan) dan Rasul pun hadir mengajari mereka apa yang diperolehnya dari Allah Swt.

Dari beberapa hadis di atas, kita mengetahui jika pada saat Rasulullah Saw masih hidup tidak melarang perempuan untuk kritis, bahkan mempertanyakan tentang Al-Quran, menuntut hak pendidikan pada Rasulullah Saw secara terang-terangan, pada intinya kebebasan berpikir itu tidak dilarang, kritis itu diperbolehkan untuk siapapun, baik laki-laki maupun perempuan.