Kalau saya sejak kecil baik di kampung kelahiran, di pesantren hingga saat ini berdomisili di Surabaya, selalu membaca kalimat Allahu Akbar dalam Takbiran sebanyak tiga kali. Namun di kota ini pula kadang saya mendengar Allahu Akbar dikumandangkan dua kali. Saya husnudzan saja sama-sama punya dalil. Ternyata betul, kedua riwayat itu disampaikan oleh Al-Hafidz Ibnu Hajar dalam Fathul Bari 2/462. Berikut ulasan beliau:
Dalil Takbir Tiga Kali
ﻭﺃﻣﺎ ﺻﻴﻐﺔ اﻟﺘﻜﺒﻴﺮ ﻓﺄﺻﺢ ﻣﺎ ﻭﺭﺩ ﻓﻴﻪ ﻣﺎ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﻋﺒﺪ اﻟﺮﺯاﻕ ﺑﺴﻨﺪ ﺻﺤﻴﺢ ﻋﻦ ﺳﻠﻤﺎﻥ ﻗﺎﻝ ﻛﺒﺮﻭا اﻟﻠﻪ اﻟﻠﻪ ﺃﻛﺒﺮ اﻟﻠﻪ ﺃﻛﺒﺮ اﻟﻠﻪ ﺃﻛﺒﺮ ﻛﺒﻴﺮا
Bentuk Takbir, yang paling sahih adalah yang diriwayatkan oleh Abdurrazzaq dengan sanad yang sahih. Bahwa Salman berkata: “Bertakbirlah Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Kabira…
ﻭﻧﻘﻞ ﻋﻦ ﺳﻌﻴﺪ ﺑﻦ ﺟﺒﻴﺮ ﻭﻣﺠﺎﻫﺪ ﻭﻋﺒﺪ اﻟﺮﺣﻤﻦ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﻟﻴﻠﻰ ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺟﻌﻔﺮ اﻟﻔﺮﻳﺎﺑﻲ ﻓﻲ ﻛﺘﺎﺏ اﻟﻌﻴﺪﻳﻦ ﻣﻦ ﻃﺮﻳﻖ ﻳﺰﻳﺪ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﺯﻳﺎﺩ ﻋﻨﻬﻢ ﻭﻫﻮ ﻗﻮﻝ اﻟﺸﺎﻓﻌﻲ ﻭﺯاﺩ ﻭﻟﻠﻪ اﻟﺤﻤﺪ ﻭﻗﻴﻞ ﻳﻜﺒﺮ ﺛﻼﺛﺎ ﻭﻳﺰﻳﺪ ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ اﻟﻠﻪ ﻭﺣﺪﻩ ﻻ ﺷﺮﻳﻚ ﻟﻪ ﺇﻟﺦ
Diriwayatkan dari Sa’id bin Jubair, Mujahid, Abdurrahman bin Abi Laila yang diriwayatkan oleh Jakfar Al-Firyabi dalam kitab Al-Idain dari jalur Yazid bin Abi Ziyad dari para Tabi’in diatas. Ini juga pendapat Asy-Syafii….
Dalil Takbir Dua Kali
ﻭﻗﻴﻞ ﻳﻜﺒﺮ ﺛﻨﺘﻴﻦ ﺑﻌﺪﻫﻤﺎ ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ اﻟﻠﻪ ﻭاﻟﻠﻪ ﺃﻛﺒﺮ اﻟﻠﻪ ﺃﻛﺒﺮ ﻭﻟﻠﻪ اﻟﺤﻤﺪ ﺟﺎء ﺫﻟﻚ ﻋﻦ ﻋﻤﺮ ﻭﻋﻦ اﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ ﻧﺤﻮﻩ ﻭﺑﻪ ﻗﺎﻝ ﺃﺣﻤﺪ ﻭﺇﺳﺤﺎﻕ
Dikatakan takbir dua kali kemudian membaca kalimat Tahlil Allahu Akbar Allahu Akbar walillah al-Hamd. Riwayat ini dari Umar, Ibnu Mas’ud dll. Dijadikan pendapat oleh Ahmad dan Ishaaq.
Syekh Ibnu Qayyim juga menyatakan riwayat Allahu Akbar dua kali
ويُذكر عنه صلى الله عليه وسلم: أنه كان يُكبِّر من صلاة الفجر يومَ عرفة إلى العصر من آخر أيام التشريق فيقول: اللهُ أكْبَرُ، اللهُ أكْبَرُ، لاَ إلهَ إلاَّ اللهُ، والله أكْبَرُ الله أكبر ولِلَّهِ الحَمْدُ
وهذا وإن كان لا يصح إسناده، فالعمل عليه، ولفظه هكذا يشفع التكبير، وأما كونه ثلاثاً، فإنما رُوى عن جابر وابن عباس مِن فعلهما ثلاثاً فقط، وكِلاهما حسن.
Riwayat ini meskipun tidak sahih namun telah diamalkan. Redaksi takbirnya dua kali saja. Kalau Takbir yang tiga kali maka diriwayatkan dari perbuatan Jabir dan Ibnu Abbas sebanyak dua kali. Keduanya bagus (Zad Al-Ma’ad 2/360).