Al-Hujwiri dalam Kasyf al-Mahjub mengatakan, “Para guru sufi memberikan penjelasan tentang hak dan kewajiban dalam jalinan persahabatan. Mereka juga menyuruh para murid-muridnya untuk mengamalkannya. Etika persahabatan ini bagi para sufi merupakan sebuah kewajiban yang harus dijalankan”.
Dari sini menjadi jelas bahwa etika persahabatan bagi para sufi adalah sesuatu yang penting. Sesuatu yang menampakkan secara jelas sebagai salah satu bentuk prilaku seseorang terhadap orang lain. Bukankah tasawuf sendiri dibangun di atas pondasi akhlak? Sebagaimana perkataan Imam Junaid al-Baghdadi, “Siapa saja yang memiliki akhlak dan pekerti yang baik, maka ia semakin tinggi tasawufnya”.
Para sufi sendiri tidak melakukan mujahadah kecuali dengan terus memperbaiki budi pekertinya. Tujuan hidu paling esensial bagi para sufi adalah berakhlak seperti akhlak-Nya. Sebuah prinsip yang diteladankan dari Nabi Muhammad SAW yang akhlaknya adalah al-Quran.
Sudah menjadi sebuah konsensus para ulama bahwa akhlak Nabi Muhammad SAW adalah teladan dan panutan bagi umatnya. Imam Junaid sendiri menyimpulkan bahwa inti dari akhlak ada empat: kedermawanan, kemurahan hati, nasihat, dan kasih sayang.
Memang para sufi lebih banyak menitikberatkan pada sisi pekerti ketimbang perhatian mereka terhadap sisi ibadah. Bagi siapa saja yang akhlaknya baik meskipun dalam hal ibadahnya kurang sempurna dianggap lebih utama daripada orang yang ibadahnya terjaga namun etikanya buruk. Imam Junaid sendiri berkata:
Seorang fasik yang beretika baik lebih aku cintai ketimbang seorang qari’ yang berperilaku buruk.
Ungkapan Imam Junaid di sini berkaitan dengan etika pergaulan dengan orang lain yang mestinya dibangun dengan pekerti yang baik. Budi pekerti merupakan perbuatan lahir yang juga sekaligus menunjukkan sisi batin seseorang. Sebab yang bisa ditularkan oleh seseorang kepada yang lain adalah sesuatu yang tampak dari sisi lahiriahnya. Maka, siapa yang bersahabat dengan orang yang memiliki pekerti yang baik maka kebaikannya dapat ditularkan kepadanya. Sebaliknya, siapa yang bersahabat dengan orang yang berperilaku buruk, maka akan dapat terpengaruh oleh keburukannya. Oleh karena itu, Imam Junaid menilai pentingnya menyeleksi persahabatan, bahkan dalam persoalan untuk sekadar makan bersama sekalipun. Imam Junaid berkata:
Makan bersama-sama itu ibarat menyusu (bagi bayi), maka lihatlah dengan siapa kalian makan bersama!
Sebagaimana karakter dan akhlak bayi terbentuk dari ibu yang menyusuinya, maka sama halnya kebiasaan makan bersama. Sebab, biasanya makan bersama hanya bisa dilakukan dengan orang-orang yang sering bareng bersamanya.
Salah satu bukti pentingnya tema etika persahabatan di kalangan sufi ini bisa dilihat dari karya-karya “anggitan” mereka tentang tema ini. Bahkan sebagian dari mereka ada yang menulis karya khusus mengupas syarat-syarat persahabatan (dalam catatan kaki di sebutkan di antaranya kitab Al-Ghunyah karya Syekh Abdul Qadir al-Jailani dan Abd Qadir Isa dalam Haqaiq ‘An at-Tashawwuf). Salah satu dari para sufi yang memiliki ‘konsen’ di tema ini adalah Imam Junaid Al-Baghdadi.
Konon, Imam Al-Junaid sempat menulis sebuah karya berjudul “Tashih al-Iradah fi Adab as-Shuhbah”. Sayangnya kitab ini -hingga kini- masih belum ditemukan.
Meski demikian, ada beberapa poin yang dapat diambil dari dawuh-dawuhnya Imam Junaid tentang etika persahabatan. Sekurangnya ada sembilan etika:
Pertama, izin persahabatan. Tidak nyelonong pergi tanpa izin. Sebagaimana Nabi Musa yang mula-mula memohon izin kepada Nabi Khidir untuk menjadi karibnya. Etika ini tidak hanya berlaku bagi guru-murid, melainkan berlaku bagi sesama sahabat. Nabi Musa meminta izin untuk membersamai Nabi Khidir, lalu Nabi Khidir mengizinkan dengan syarat; tidak banyak bertanya. Pada saat Nabi Musa bertanya (memprotes) tindakan yang dilakukan oleh Nabi Khidir, maka Nabi Khidir meninggalkan Nabi Musa. Dan, demikian juga bila kita menemukan sahabat yang sering kali tidak seirama maka sudah selayaknya untuk meninggalkannya.
Kedua, kasih sayang; Allah SWT berfirman: “…sedang dia salah seorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, ketika itu dia berkata kepada sahabatnya, “Jangan engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita”. Dalam ayat ini Allah SWT menegaskan bahwa dalam persahabatan yang baik adalah menunjukkan adanya kasih sayang.
Ketiga, tidak menjelekkan sahabatnya dengan menunjukkan sesuatu yang tidak disukainya; Imam Junaid berkata: Ketika kamu memiliki sahabat, maka hendaknya janganlah melakukan sesuatu yang dibencinya.Semisal, membuka aibnya
Keempat, murah senyum, tidak cemberut; Menurut Imam Junaid, ketiadaan etika ini (senyuman) dalam persahabatan merupakan tanda adanya penyakit di antara dua orang yang bersahabat;
Kelima, tidak meminta lebih dari apa yang telah diberikan temannya; Penjelasan etika ini bisa diperoleh dari kisah Imam Junaid berikut: Dikisahkan bahwa Imam Junaid dan muridnya sedang beriktikaf di dalam masjid. Kemudian datang seorang tamu pelancong/wisatawan. Lalu murid-muridnya mempersilakan tamu dan menjamunya dengan hidangan yang ada. Sang tamu berkata: “Aku ingin makanan ini, makanan ini..” Kemudian Imam Junaid berkata, “Pergilah ke pasar, karena engkau orang pasar. Bukan bagian dari kami!
Keenam, mengajak makan bersama-sama; Menjamu sahabat dan makan bersamanya merupakan sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan para sufi. Abu Thalib Al-Makki berkata, “Ketika Imam Junaid dan Imam Ibn Mubarak hendak makan siang maka keduanya membuka pintu rumahnya sembari mempersilakan sahabat dan tamu-tamunya baik kaya maupun miskin untuk makan bersama.
Ketujuh, tidak menyelesihi sahabatnya; Aplikasi dari etika ini misalnya tidak berpuasa sunnah sendirian. Apabila sahabatnya berbuka maka ikut berbuka. Begitulah yang dilakukan oleh Imam Junaid. Beliau adalah orang yang selalu berpuasa. Akan tetapi ketika sahabatnya datang ke rumahnya dan tidak puasa, maka akan diajak makan bareng. Ia berkata: Pahala membantu sahabat tidak lebih kecil daripada keutamaan puasa sunnah.
Kedelapan, tawaduk; Imam Junaid merupakan salah satu sufi yang paling banyak menunjukkan ketawadukan kepada sahabat dan juga murid-nya. Al-Jariri mengisahkan, “Suatu ketika saya datang ke Makkah, saya bergegas untuk menemui Imam Junaid supaya tidak merepotkannya untuk datang kepadaku, lalu aku pamit untuk pulang ke rumah. Paginya saya salat Subuh di Masjid, aku terkejut melihat Imam Junaid berada di Shaf belakangku. Lalu aku berkata, “Kemarin sore aku mendatangimu agar supaya engkau tidak bersusah payah menemuiku, lalu beliau menjawab, “(kemarin) itu keutamaanmu dan (sekarang) ini hakmu”.
Kesembilan, humoris; Banyak kisah humor yang bisa kita dapatkan dari Imam Junaid, salah satunya diceritakan oleh Sufi Abu Thalib Al-Makki berikut: Telah menceritakan kepada kami sejumlah guru sufi. Suatau ketika Imam Junaid melakukan sebuah perjalanan bersama para muridnya. Beliau terkadang membuat guyonan yang membuat kami semua tersenyum dan tertawa.
*) Disadur dari penggalan sub bab tesis Luthfullah bin Mula Khawjah berjudul Al-Junaid bin Muhammad wa Arauhu al-Aqdiyyah wa as-Shufiyyah