Dua ayat terakhir surat at-Taubah memiliki kisah tersendiri yang menarik untuk kita simak.
Al-Qur’an yang sekarang berada di tangan kita ternyata memiliki sejarah yang menarik untuk dibahas; karena memang sejak awal Al-Quran tidak serta merta sudah tersusun secara rapi layaknya sekarang ini.
Pada zaman Rasulullah SAW. para sahabat menjaga Al-Qur’an dengan mengandalkan hafalan mereka. Di samping itu, sedikit dari mereka yang menuliskannya dikarenakan sedikit pula dari para sahabat yang bisa baca tulis pun juga sangat minim dan susahnya sarana untuk menulis pada waktu itu. Para sahabat jika mendengar satu ayat dari Rasulullah, maka mereka langsung menghafalnya dan menulis dengan sarana yang seadanya. Misalnya di pelepah kurma, kulit hewan, tulang belikat unta, atau di batu.
Setelah Rasulullah SAW. wafat, umat Islam mengalami perpecahan. Sebagian mereka ada yang murtad dan ada juga yang enggan membayar zakat. Sehingga pada zaman Sayyidina Abu Bakar RA terjadilah perang yang disebut dengan perang Yamamah.
Baca juga: Makna dan Kandungan Surah At-Taubah
Akibat perang tersebut, banyak para sahabat dari kalangan penghafal Al-Qur’an yang gugur. Hal ini meresahkan kondisi Al-Qur’an itu sendiri yang mana jika banyak penghafalnya yang meninggal maka Al-Qur’an itu sendiri juga ikut hilang. Akhirnya, Sayyidina Umar RA memberikan usulan kepada Sayyidina Abu Bakar ra. untuk mengumpulkan Al-Qur’an dari hafalan para sahabat dan juga tulisan-tulisan yang masih tercecer. Awalnya Sayyidina Abu Bakar menolak usulan tersebut karena memang Rasulullah tidak pernah melakukannya. Melihat kondisi yang ada serta demi kemaslahatan bersama, akhirnya Sayyidina Abu Bakar setuju dan menunjuk Shohabat Zaid bin Tsabit RA untuk mengumpulkan Al-Qur’an.
Dalam proses pengumpulan Al-Qur’an ini, rujukan Sayyidina Zaid bin Tsabit RA adalah hafalan para sahabat, termasuk tulisan-tulisan mereka. Tetapi dalam pengumpulannya, Zaid bin Tsabit RA tidak serta merta menerima ayat-ayat dari hafalan para sahabat begitu saja. Beliau memiliki manhaj atau metode sendiri dalam pengumpulan Al-Qur’an ini. Salah satunya adalah ayat yang hendak dikumpulkan ini harus memiliki dua orang saksi bahwa ayat ini benar datang dari Rasulullah SAW.
Ada kisah menarik di balik penulisan dua ayat terkahir surah At Taubah, yakni ayat 128 dan 129. Dua ayat ini datang dari sahabat bernama Abu Khuzaimah al-Anshari RA. Dan beliau adalah satu-satunya sahabat yang meriwayatkan ayat ini. Tidak ada sahabat lain selain beliau. Akan tetapi, oleh Sayyidina Zaid bin Tsabit RA ayat ini tetap ditulis. Padahal melihat dari manhaj beliau dalam pengumpulan Al-Qur’an ayat ini tidak memenuhi manhaj tersebut. Kenapa demikian?
Baca juga: 10 Hari Terakhir Ramadhan Terbebas dari Neraka, Benarkah Hadis Daif?
Sahabat Abu Khuzaimah al-Anshari RA adalah satu-satunya sahabat yang mendapatkan keistimewaan dari Rasulullah SAW yang tidak dimiliki oleh sahabat lain. Suatu hari Rasulullah SAW pergi ke pasar ingin membeli keledai. Setelah membeli keledai, Rasulullah tidak menandai bahwa keledai tersebut telah menjadi milik beliau.
Ketika Rasulullah SAW hendak pulang ke rumah dan membawa keledai tersebut, si penjual keledai tadi berkata, “Ini bukan keledai kamu.” Rasulullah SAW pun menjawab, “Ini keledaiku. Aku telah membelinya darimu.” Si penjual berkata lagi, “Kalau begitu, datangkan saksi kalau kamu benar-benar telah membeli keledai ini dariku.” Kebetulan pada waktu akad jual beli tadi, tidak ada seorang pun sahabat yang menyaksikannya. Sahabat yang berada di sana pun diam dan tidak bisa berkata apa-apa karena memang mereka tidak mengetahuinya.
Tiba-tiba sahabat Abu Khuzaimah al-Anshari datang dan berkata, “Wahai Rasulullah, akulah yang akan menjadi saksi bahwa keledai ini milikmu dan engkau telah membelinya dari penjual ini.” Lalu Rasulullah bertanya pada Abu Khuzaimah, “Bagaimana kamu bisa tau kalau aku telah membeli keledai ini padahal kamu tidak menyaksikannya?” Abu Khuzaimah pun menjawab, “Wahai Rasulullah, kabar (wahyu) yang engkau dapat dari langit saja aku percaya. Apalagi hanya sekedar permasalahan engkau membeli khimar, justru aku juga akan lebih percaya.” Lalu Rasulullah bilang kepada Abu Khuzaimah, “Yaa Aba Khuzaimah, syahaadatuka tu’dilu syahaadata rajulain.” (Wahai Abu Khuzaimah, kesaksianmu itu sama saja dengan kesaksian dari dua orang).
Berangkat dari sana, kita tahu bahwasannya dua ayat terakhir surah At Taubah ini meskipun hanya diriwayatkan oleh sahabat Abu Khuzaimah saja, tetap bisa diterima. Karena kesaksian beliau sama dengan kesaksian dua orang.
Wallahu a’lam.