Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras, Jombang menyelenggarakan acara Haul ke-51 Almaghfurlah KH. Abdul Wahab Hasbullah pada Sabtu, 11 Juni 2022. Banyak kyai tokoh yang turut hadir dalam acara tersebut, di antaranya adalah Kyai Zulfa Mustofa, Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama.
Dalam kesempatan tersebut, Kyai Zulfa Mustofa menyampaikan bahwa Mbah Wahab Hasbullah adalah salah seorang tokoh yang sulit untuk ditandingi dalam banyak hal.
“Kita ini sangat sulit untuk bisa mengikuti Mbah Wahab dalam semua hal, (baik itu) keilmuan, kecintaan kepada NU, dan sebagainya. Kita hanya berharap, datang hadir di sini untuk dapat (memperoleh) berkah dari Mbah Wahab Hasbullah.” Tuturnya.
Sebagaimana diketahui bahwa Mbah Wahab bukan hanya dikenal sebagai pendiri organisasi Nahdlatul Ulama, melainkan juga pelopor banyak pergerakan, baik lingkup Nasional maupun Internasional. Sebagai bentuk kekagumannya, Kyai Zulfa Mustofa mempersembahkan sebuah syair untuk Mbah Wahab.
“Saya ingin mempersembahkan sebuah syair untuk Mbah Wahab ini, dalam bahar basith.”
Dan inilah bunyi syairnya:
زُرْتُ بِحَمْدِ الرَّحْمَنِ مَعْهَدَ الْمُعْجَبِ
Dengan memuji Allah yang Maha Pengasih aku berkunjung ke sebuah pesantren yang mengagumkan
تَامْبَاكْ بِيْرَاسْ يُنْشِرُ فَوَائِدَ الْمَذْهَبِ
Tambak Beras namanya, menyebarkan faedah-faedah keilmuan yang luar biasa
عَبْدُ الْوَهَّابِ جَلِيْلَ الْعِلْمِ وَالْأَدَبِ
Mbah Abdul Wahab adalah sosok yang memiliki keluhuran ilmu dan budi pekerti
أَجَنَّ اللَّيْلَ فَكَيْفَ لَا فَوْقَ الْأَغْلَبِ
Yang senantiasa menghidupkan malam, maka bagaimana beliau tidak lebih mulia dibandingkan kebanyakan manusia
يَا لَمَعَاتِ الْخَلُقِ مِنْ نُوْرِ الْمُحْجَبِ
Wahai yang paling berkilau di antara manusia lainnya yang terhijab dari cahaya
فَالْحَمْدُ للهِ ذَا الْمَجْمَعُ بِالرَّحَبِ
Maka segala puji bagi Allah, mbah Wahab memiliki perkumpulan yang berpengaruh luas
فَخْرُ النَّهْضِيِّيْنَ فِيْ الشَّرْقِ وَفِيْ الْمَغْرِبِ
Kebanggan warga Nahdliyyin di seluruh penjuru bumi
لَوْلاَ هُمُ مَا عِشْنَا فَنَحْنُ كَالطُّحْلُبِ
Jika bukan karena mereka, kita tidak hidup kecuali layaknya lumut
مَا أَكْثَرَ الدُّعَاةَ مِنْ عُلاَّمَ الْيُوْتُوْبِ
Betapa banyak da’i dari golongan orang-orang yang terkenal di Youtube
فَأَفْتَى بِالْمَشْهَدِ بِلاَ رَجْعِ الْكُتُبِ
Dan mereka berfatwa hanya dengan melihat realitas tanpa merujuk kepada kitab-kitab
يَاحَسْرَةً لِلْغُوْغِلِ آخِذُ السَّبَبِ
Wahai merugilah orang-orang yang menjadikan Google sebagai sebab keilmuannya
وَإِنَّماَ الْعِلْمُ بِالْإِسْنَادِ وَالطَّلَبِ
Padahal seharusnya ilmu diperoleh dengan sanad yang jelas dan proses pencarian yang panjang
يَا رُبَّ طَالِبِ عِلْمٍ ظَاهِرِ الْجَلَبِ
Wahai para pencari ilmu yang mengerahkan segala upaya dzahir
فَعَوِّلاً بِالشُّيُوْخِ كَامِلِ الدَّرَبِ
Maka bersandarlah kepada para kyai dan guru agar proses menuntut ilmu menjadi sempurna
تِلْمِيْذُهُ الْبَنْتَنِيُّ يَرْجُوْ فَضْلَ الْقُرَبِ
Muridnya yang dari Banten (KH. Zulfa Mustofa) mengharapkan keutamaan dari kedekatan dengan mbah Abdul Wahab
فَبِالْقُرْبِ يُسْهِلُ الْمَطْلُوْبَ لمَ ْنَطْلُبِ
Dengan kedekatan itu barokah darinya lebih mudah didapatkan, sekalipun kita tidak memintanya
ياَ رَبَّنَا اجْمَعْنَا فِيْ النَّهْضَتِكَ الطَّرَبِ
Duhai Tuhan kami, kumpulkanlah kami dalam kebangkitan-Mu yang penuh suka cita
فِيْ الدَّارَيْنِ زُلْفَانَا بِزُمْرَةِ الذَّهَبِ
Kumpulkanlah kami bersama hamba-hambaMu yang shalih di dunia dan akhirat
Terlihat bahwa selain mengungkapkan kekaguman pada Mbah Wahab, Kyai Zulfa juga menunjukkan keprihatinannya terhadap fenomena yang terjadi saat ini, yang mana banyak pendakwah di media sosial yang dijadikan panutan, padahal mereka tidak menguasai kitab-kitab rujukan yang utama. Mereka seringkali “berfatwa” hanya berdasarkan “kira-kira”.
“Bayangkan, santri Tambak Beras, Denanyar, Tebuireng, Ploso, Lirboyo, Sarang, Sidogiri, yang banyak itu, yang kalau mau Bahtsul Masail persiapan sebulan, dan Bahtsul Masail-nya dari pagi hingga sore baru selesai. Yang ini (pendakwah di media sosial) tidak.” Jelasnya.
Keprihatinan tersebut memang cukup beralasan, mengingat mereka yang sebenarnya tidak begitu menguasai kitab-kitab rujukan utama, seringkali mudah membid’ahkan atau bahkan mengafirkan sesama umat Islam yang berbeda pandangan dengannya.