Aku sudah pernah merasakan semua kepahitan dalam hidup dan yang paling pahit ialah berharap kepada manusia.
— Imam Ali ibn Abi Thalib karamallahu wajhah
Kita sering membaca kata bijak tentang berharap kepada Tuhan. Namun terkadang kata-kata bijak itu hanya berhenti di bibir, atau sekadar jadi etalase di status kita di media sosial. Dalam kenyataannya, walau kita tahu artinya, namun saat kita mengira seseorang akan memenuhi harapan kita namun ternyata yang terjadi adalah sebaliknya, kita kecewa, atau kadang sakit hati, atau kadang malah mutung dan berbalik membencinya.
Persoalannya adalah tak jarang orang menggunakan kata bijak hanya untuk menghibur diri, tidak untuk direnungkan, dikaji dan diamalkan. Sehingga sebagian orang terkadang bersikap dan bertindak secara berkebalikan dengan kata-kata bijak yang sering dia baca dan sebar-sebarkan. Orang terkadang lupa di mana mesti menempatkan harapan semacam itu. Kalau suatu keinginan dan/atau harapan diletakkan di hati, dengan harapan penuh agar keinginannya tercapai, maka niscaya akan timbul kekecewaan mendalam.
Dalam tradisi tasawuf, hati itu idealnya tidak boleh menghadap ke dunia, sebab, sebagaimana sering dikatakan para Sufi, “hati adalah singgasana Allah.” Hati semestinya menghadap ke Tuhan dalam segala keadaan, entah itu dalam ritual ibadah maupun dalam kegiatan sehari-hari — bahkan kalau bisa hati tetap menghadap Tuhan saat tidur agar seseorang bisa sampai pada kondisi sebagaimana disabdakan oleh kanjeng nabi, “kedua mataku tidur, namun hatiku tidak.”
Karenanya, hati perlu dibersihkan setiap saat (tazkiyatun nafs) agar hati hidup dan tersingkaplah hijabnya sehingga mata batin atau visi ruhani (basyirah) menjadi tajam. Kalau hati diisi dengan harapan-harapan duniawi, seperti berharap agar seseorang memenuhi keinginannya, atau setidaknya memuaskan maunya sendiri, maka itu dapat dikatakan sama dengan menggunakan hati tidak pada tempatnya.
Bila seseorang meletakkan harapan dan keinginan duniawi pada hatinya, maka hawa-nafsu akan menumpang dan mengendalikannya. Bahkan boleh jadi keinginan itu sendiri bersumber dari hawa nafsu tersebut. Seandainya seseorang tidak eling lan waspada, maka dirinya akan berharap pada ekspektasinya itu dan menempatkan Tuhan agar memenuhi ekspektasinya yang telah dipengaruhi hawa nafsu. Bila ekspektasi tak terpenuhi, hati menjadi kecewa, walau pikiran tahu bahwa harapan mestinya hanya pada Tuhan. Ia lupa bahwa hatinya sebenarnya menghadap ke ekspektasinya sendiri, bukan ke Tuhan. Namun pada saat yang sama ia tak berani menyalahkan Tuhan karena pikirannya tahu bahwa Tuhan Maha Benar dan Mahamengetahui apa yang terbaik buat hambaNya — karenanya ia lalu perlu melampiaskan kekecewaan hawa nafsunya kepada siapa saja yang membuatnya merasa kecewa: orang lain, situasi, kondisi dan sebagainya.
Jadi sebenarnya yang melukai hati atau mengecewakan hati dan menerbitkan amarah pada diri sebenarnya adalah keinginan dan ekspektasinya sendiri yang diselubungi hawa nafsu. Dengan mengingat bahwa keinginan biasanya, meski tak selalu, muncul dari sifat dan hawa nafsu, maka, nafs kita sendirilah yang sebenarnya menyakiti “diri” kita sendiri — inni kuntu minadhalimiin…
Kekecewaan yang ditahan-tahan di hati akan tumbuh menjadi amarah, juga kebencian yang halus, dan sewaktu-waktu akan meledak bila ada pemicunya. Itu karena diri merasa sok paling tahu apa yang terbaik bagi dirinya, terbaik bagi orang lain dan terbaik bagi keadaan. Diam-diam diri meletakkan diri pada situasi “superhuman” — manusia yang selalu lebih unggul, daripada manusia lain. Biasanya, namun tidak selalu, orang semacam ini agak sulit menghargai kemanusiaan, mudah marah atau kecewa jika ekspektasinya tak tergayuh, dan mudah menyimpan dendam.
Itulah sebabnya adalah penting agar orang belajar mengenal diri agar mengenali posisi dan gerak-gerik hawa nafsunya, pikirannya, hatinya, sifatnya dan rasa-perasaan ruhaninya (dzauq) dalam kehidupan kesehariannya. Bila seseorang bisa berbuat adil pada dirinya sendiri, dalam arti menempatkan segala sesuatu pada tempatnya, maka insya Allah apapun yang terjadi atau menimpa dirinya tidak akan mengusik kedamaian hatinya, meski secara ukuran rasional sesuatu itu merugikan diri sendiri.
Dalam contoh di atas, saat harapannya pada orang lain itu diletakkan di pikiran, sedang hati hanya berharap pada Tuhan, maka bila keinginannya tak tercapai, hatinya tidak akan kecewa, hati tetap tenang, karena hati yang selalu menghadap Tuhan (atau selalu ingat Tuhan) akan selalu yakin bahwa ketentuan Allah pasti terjadi. Dan bila hati tetap tenang dan pasrah, maka pikiran yang ditempati oleh keinginan itu akan bisa mulai melakukan aktivitas penalaran yang lebih jernih – misalnya mengkaji, menganalisis, mempelajari, mengapa hal-hal itu tidak tercapai tanpa ada unsur marah atau benci pada orang lain atau situasi.
Karena itu belajar mengenali diri pada dasarnya adalah belajar menjadi manusia yang biasa saja, agar terbiasa menjadi manusia yang bisa dan terbiasa memanusiakan manusia – dan apabila upaya belajar ini terus dilakukan dengan mujahadah dan tazkiyatun nafs yang konsisten, akan semakin besar peluang seseorang merealisasikan apa yang disabdakan oleh kanjeng nabi, yakni orang yang kenal diri, kenal Tuhannya.
Wa Allahu a’lam.
*) Tri Wibowo BS
Twitter/IG: @embahnyutz