Titik dan Koma dalam Kitab Suci?

Titik dan Koma dalam Kitab Suci?

Titik koma dalam Al-Qur’an. Fungsinya apa?

Titik dan Koma dalam Kitab Suci?

Mushaf al-Qur’an yang kita baca saat ini sebenarnya merupakan hasil inovasi (baca: “bid’ah”) yang dilakukan sepeninggal Nabi. Tidak ada pengumpulan al-Qur’an pada masa Nabi dalam satu susunan mushaf. Selain dihafal, ayat al-Qur’an itu dicatat secara sporadis dalam potongan kulit atau tulang atau lainnya. Baru kemudian berturut-turut pada masa tiga khalifah pertama al-Qur’an dikodifikasi dan –singkat cerita– jadilah Mushaf Utsmani.

Tapi bentuk penulisannya masih belum ada tanda baca. Ini menyulitkan buat orang-orang non Arab, padahal Islam sudah tersebar keluar jazirah Arab. Maka muncullah “bid’ah” berikutnya:

Khalifah Muawiyah menugaskan Abu al-Aswad Ad-du’ali untuk meletakkan tanda baca pada tiap kalimat dalam bentuk titik untuk menghindari kesalahan membaca. Kemudian pada masa Khalifah Abdul Malik bin Marwan ditugaskan Al Hajjaj bin Yusuf untuk memberikan titik sebagai pembeda antara satu huruf dengan lainnya. Misalnya, huruf ba dengan satu titik di bawah, huruf ta dengan dua titik di atas, dan tsa dengan tiga titik di atas. Baru kemudian, pada masa pemerintahan Dinasti Abbasiyah, diberikan tanda baris berupa dhamah, fathah, kasrah, dan sukun untuk memudahkan umat Islam dalam membaca Al-Qur’an.

Kemudian, pada masa Khalifah Al-Makmun, para ulama selanjutnya “ber-inovasi” untuk semakin mempermudah orang untuk membaca dan menghafal Alquran, khususnya bagi orang selain Arab, dengan menciptakan tanda-tanda baca tajwid yang berupa isymam dan mad. Sebagaimana mereka juga membuat tanda lingkaran bulat sebagai pemisah ayat dan mencantumkan nomor ayat.

Sampai di sini pengkodifikasian dan penulisan tanda baca al-Qur’an sudah melampaui apa yang ada di masa Nabi. Tidak ada contohnya dari Nabi. Untunglah “bid’ah” semacam ini diterima oleh semua umat Islam. Kata Lajnah Da’imah Lil Buhuts Al-Ilmiah Wal Ifta Saudi Arabia, meski tidak ada dalil khusus yang memberi perintah seperti itu, namun pengkodifikasian dan pemberian tanda baca itu masuk dalam dalil umum untuk menjaga al-Qur’an. Oke deh syekh bro…ini masuk kategori bid’ah yang hasanah kali yah ๐Ÿ™‚

Tapi persoalan belum selesai, karena gara-gara perbedaan tanda waqaf, bisa timbul perbedaan penafsiran yang bahkan dalam sejarah Islam berujung pada kafir mengkafirkan.

Contohnya ayat di bawah ini:

ู‡ููˆูŽ ุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ุฃูŽู†ู’ุฒูŽู„ูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽ ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจูŽ ู…ูู†ู’ู‡ู ุขูŽูŠูŽุงุชูŒ ู…ูุญู’ูƒูŽู…ูŽุงุชูŒ ู‡ูู†ูŽู‘ ุฃูู…ูู‘ ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ูˆูŽุฃูุฎูŽุฑู ู…ูุชูŽุดูŽุงุจูู‡ูŽุงุชูŒ ููŽุฃูŽู…ูŽู‘ุง ุงู„ูŽู‘ุฐููŠู†ูŽ ูููŠ ู‚ูู„ููˆุจูู‡ูู…ู’ ุฒูŽูŠู’ุบูŒ ููŽูŠูŽุชูŽู‘ุจูุนููˆู†ูŽ ู…ูŽุง ุชูŽุดูŽุงุจูŽู‡ูŽ ู…ูู†ู’ู‡ู ุงุจู’ุชูุบูŽุงุกูŽ ุงู„ู’ููุชู’ู†ูŽุฉู ูˆูŽุงุจู’ุชูุบูŽุงุกูŽ ุชูŽุฃู’ูˆููŠู„ูู‡ู ูˆูŽู…ูŽุง ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุชูŽุฃู’ูˆููŠู„ูŽู‡ู ุฅูู„ูŽู‘ุง ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูˆูŽุงู„ุฑูŽู‘ุงุณูุฎููˆู†ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ู ูŠูŽู‚ููˆู„ููˆู†ูŽ ุขูŽู…ูŽู†ูŽู‘ุง ุจูู‡ู ูƒูู„ูŒู‘ ู…ูู†ู’ ุนูู†ู’ุฏู ุฑูŽุจูู‘ู†ูŽุง ูˆูŽู…ูŽุง ูŠูŽุฐูŽู‘ูƒูŽู‘ุฑู ุฅูู„ูŽู‘ุง ุฃููˆู„ููˆ ุงู„ู’ุฃูŽู„ู’ุจูŽุงุจู

Artinya : Dialah yang menurunkan al-Kitab (al-Qurโ€™an) kepadamu. Diantara (isi) nya ada ayat-ayat muhkamat, itulah ummul Qurโ€™an dan yang lain ayat-ayat mutasyabihat. Adapun orang-orang yang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti ayat-ayat yang mutasyabihat untuk menimbulkan fitnah dan untuk mencari-cari takwilnya padahal tidak ada yang mengetahui takwilnya melainkan Allah dan orang-orang yang mendalam ilmunya mengatakan : โ€œkami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyabihat, semuanya itu berasal dari Tuhan kamiโ€. Dan tidak dapat mengambil pelajaran darinya kecuali orang-orang yang berakal (Q.S. Al Imran : 7)

Kelompok salaf berhenti sejenak membaca potongan ayat ini
ูˆูŽู…ูŽุง ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุชูŽุฃู’ูˆููŠู„ูŽู‡ู ุฅูู„ูŽู‘ุง ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู
“tidak ada yang mengetahui takwilnya melainkan Allah”
sedangkan lafazh berikutnya dianggap merupakan permulaan kalimat baru. Sehingga menurut golongan ini, ayat mutasyabihat diserahkan saja maksudnya kepada Allah Taโ€™ala, tanpa ditakwil maknanya.

Sedangkan ulama Khalaf meneruskan membacanya
dengan lafazh selanjutnya:
ูˆูŽู…ูŽุง ูŠูŽุนู’ู„ูŽู…ู ุชูŽุฃู’ูˆููŠู„ูŽู‡ู ุฅูู„ูŽู‘ุง ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูˆูŽุงู„ุฑูŽู‘ุงุณูุฎููˆู†ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ู
โ€œTidak ada yang mengetahui takwilnya melainkan Allah dan orang-orang yang mendalam ilmunyaโ€.

Gara-gara bahasa Arab klasik tidak mengenal titik dan koma, maka tidak jelas penggalan ayat di atas dibacanya sampai mana. Maka persoalan boleh tidak kita menakwil ayat mutasyabihat menjadi persoalan klasik yang tak pernah usai.

Saya membayangkan kalau sekarang ada yang berani mengusulkan untuk menambah titik, koma, tanda seru atau tanda tanya dalam al-Qur’an pasti langsung dianggap ahlul bid’ah, kafir, JIL, syi’ah, sekuler, dan lain sebagainya, padahal tanda baca yang sekarang di jaman Nabi juga gak ada kan ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚

Yo wis…gak usah usul macem-macem, kita ngaji aja deh..daripada benjol kena fentung.

Tabik,

Nadirsyah Hosen
Monash Law School